December 23, 2011

Tips Merawat Mata, Agar Lebih Bercahaya

Mata adalah jendela Dunia karena itu penting untuk merawat mata agar dapat berfungsi dengan baik. Lelah dan stres sangat mempengaruhi kesehatan, termasuk mata. Browsing, Surfing, Chatting, Blogging atau Blogwalking adalah kegiatan rutin yang selalu dilakukan oleh pecinta dunia maya. Ini juga dapat mempengaruhi kesehatan mata juga lho, karena bila seharian berada di depan Laptop atupun PC dapat membuat mata kita jadi lelah.

Merawat Mata Agar Lebih Bercahaya

Ada cara yang bisa dilakukan agar hari-hari sahabat lebih bercahaya:
1. Periksakan mata setiap enam bulan sekali.
Kalau urusan ke dokter, biasanya hal yang membosankan. Tapi bila gangguan penglihatan yang tak ditangani akan berkembang semakin parah. Memakai kacamata dan lensa kontak yang tidak lagi cocok dapat menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala.

2. Pakai kacamata saat musim kemarau.

Sinar Ultra Violet (UV) matahari membuat kerusakan serius pada mata dan kacamata yang baik dapat mencegahnya. Pastikan kacamata yang sahabat beli dapat memantulkan sedikitnya 98 persen radiasi UV. Jangan berjemur dibawah matahari sesudah pukul 09.00.

3. Konsumsi nutrisi yang cukup untuk kebutuhan mata.

Vitamin A, C dan E serta antioksidan dapat mencegah atau memperlambat degenerasi makular dan katarak.

4. Pastikan cahaya yang cukup saat menggunakan komputer.

Cahaya yang minim saat bekerja dapat menyebabkan kelelahan mata. Sebaliknya, cahaya yang berlebih juga tidak baik. Jika bekerja menggunakan komputer, cahaya yang baik adalah lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. Kurangi tingkat terang monitor. Meski warnanya tak terlalu tajam, mata jadi lebih nyaman.

5. Istirahatkan mata.

Bila sahabat merasa menjadi tidak nyaman setelah seharian duduk di depan komputer, ini desebabkan mata berkedip 25 persen lebih sedikit dari biasanya. Akibatnya, mata jadi kering. Yang dapat dilakukan adalah menutup mata dengan tangan, setelah hitungan kelima buka. Lakukan 2-3 kali. Barpaling dari layar komputer dan melihat objek yang jauh ataupun objek hijau (bukan dinding yang hijau tapi tanaman) sesering mungkin.


Artikel Lainnya: