November 5, 2011

Tips Memilih Hewan Kurban

Tips Memilih Hewan Kurban.-Di bulan Idul Adha banyak orang yang sedang mencari Hewan Kurban tetapi jaman sekarang banyak sekali orang-orang jahat yang sedang memanfaatkan hari Idul Adha dengan memberikan Hewan Kurban yang sudah tidak sehat atau juga yang sedang terkena virus.nah kami telah memberikan tips untuk anda memilih Hewan kurban yang Halal untuk di kurbankan buat hari idul adha.

Tips Memilih Hewan Kurban :

Memiliki postur tubuh yang tegap dan kokoh tidak nampak lemas, lunglai dan tidak bertenaga.
Memiliki bulu bersih dan mengkilat dan tidak mudah rontok.
Tidak ada koreng maupun keropeng pada kulitnya.
Hewan jika berjalan tidak pincang. Kasus pincang biasanya disebabkan adanya luka kaki (menginjak benda tajam seperti paku, kayu lancip, atau menginjak bara api), paska trauma (terjatuh) sehingga menyebabkan memar atau bahkan keretakan pada tulang alat gerak, defisiensi vitamin tertentu yang berkaitan dengan sistem syaraf dan otot.
matanya terlihat jernih, terang dan tidak keruh.
moncong hewan dalam kondisi sehat, akan selalu dalam keadaan basah dan dingin. Apabila teraba panas, menandakan hewan sedang demam, dan jika sedang menderita gangguan atau infeksi saluran nafas akan mengeluarkan lendir atau ingus bening, kental, nanah atau bahkan darah.
Hewan ternak yang sehat mempunyai bentuk feses (kotoran) tertentu. Kotoran sapi bentuknya menyerupai adonan kue yang agak kesat (kalis), apabila sapi sedang defekasi, maka kotoran akan jatuh dan membentuk suatu bentukan menyerupai "kue tart".
Kotoran hewan yang sehat langsung jatuh ke tanah pada saat hewan defekasi. Daerah pantat yang kotor dan berbau feses menandakan hewan dalam keadaan diare, sehingga kotoran tidak langsung jatuh ke tanah, namun sebagian akan mengotori daerah pangkal ekor dan pantat.
Kotoran (feses) yang lembek - encer, ditemukanya lendir, darah atau bahkan cacing menandakan hewan sedang mengalami gangguan (sakit) pada sistem pencernaannya. 
Sumber :http://www.infogue.com


Artikel Lainnya: