November 12, 2011

4 Makanan Pencegah Osteoporosis

Osteoporosis memang menjadi ancaman setiap orang. Ancamannya bukan hanya di usia senja, tetapo juga dapat terjadi saat diusia muda. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang tidak menjaga asupan nutrisinya terutama makanan yang mengandung kalsium untuk mencegah ancaman Osteoporosis. Berikut beberapa makanan yang dapat mencukupi kebutuhan tulang demi mencegah Osteoporosis.

  • Susu
Susu merupakan sumber utama kalsium serta vitamin D yang berguna menjaga kesehatan tubuh terutama kalsium. Jangan khawatir untuk menjadi gemuk karena minum susu. Telah banyak tersedia susu dengan rendah lemak namun tinggi kalsium. Anda juga bisa mendapatkan manfaat susu dari berbagai makanan olahan susu seperti keju, es krim dan lain-lain.



  • Kacang-Kacangan
Kalsium juga dapat diperoleh dari makanan nabati seperti kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan seperti labu, almond, kacang tanah adalah sebagian yang kaya akan magnesium. Magnesium sendiri akan membantu pembentukan kalsium tubuh. Selain itu Walnut juga kaya akan asam lemak omega-3 dan alphalinoleic acid yang membantu menguatkan tulang.





  • Wortel
Selain kaya akan vitamin A yang dapat berguna untuk penglihatan, wortel juga kaya akan alpha-carotene, beta carotene dan betacyrptoxanthin yang baik untuk mempertahankan kekuatan tulang. Lebih disarankan untuk mengkonsumsi wortel dalam keaadaan mentah karena wortel akan memiliki manfaat lebih banyak saat keadaan mentah dibandingkan jika telah matang. Anda pun dapat menikmati wortel mentah dengan lebih nikmat seperti dengan mengkonsumsi sebagai salad dan lain-lain. 

  • Plum
Menurut penelitian terbaru, buah plum memiliki senyawa anti kanker serta dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan resiko terkena osteoporosis. Buah plum juga dapat membantu menekan laju resorpsi (kerusakan) tulang yang biasanya melebihi laju pertumbuhan tulang baru pada orang tua.{http://sehatplus.com}


Artikel Lainnya: