February 23, 2012

Gambaran permainan di Surabaya sama dengan gambaran di Bahrain

Pemain Persebaya Surabaya, Mario Karlovic (kanan) bersalto menendang bola saat melawan Persema Malang. Kualitas terbaik Persebaya tak terlihat di lapangan yang buruk. (Surya/Erfan Hazransyah) 

Kubu Timnas Senior sepertinya sudah memahami kelemahan Persebaya. Karena itu timnas akan memanfaatkan permainan bola-bola pendek saat melawan Persebaya, Jumat (24/2/2012). Strategi ini juga yang akan diterapkan saat timnas menantang Bahrain pada laga terakhir Pra-Piala Dunia (PPD) Zona Asia Grup E.
Pelatih timnas, Aji Santoso mematangkan strategi dalam latihan terakhir di Batu, Rabu (22/2/2012). Dalam laga terakhir nanti, Bahrain dipastikan menekan pertahanan anak asuhnya karena butuh poin dan banyak gol.
Menurut Aji, pola permainan ini harus diimbangi dengan tempo cepat, sehingga Aji pun menginstruksikan Gunawan Dwi Cahyo dkk bermain dengan tempo cepat guna mengimbangi pola permainan Bahrain.
"Kecuali dalam keadaan berbahaya, baru pakai long passing ke depan. Itu yang akan saya terapkan di Persebaya nanti. Gambaran permainan di Surabaya sama dengan gambaran di Bahrain," kata Aji usai latihan.
Rencananya Aji akan memboyong 23 pemain untuk melakoni TC pendek di Surabaya, Kamis (23/2/2012) pagi. Menurutnya nama-nama pemain yang akan memperkuat timnas baru akan diumumkan setelah pertandingan uji coba tersebut. "Kami akan membawa 18 pemain ke Bahrain. Berarti nanti ada lima pemain yang akan kami tinggal," tambahnya.
Dari 23 pemain yang ikut TC di Batu, dipastikan Gunawan Dwi Chayo (Arema), Syamsul Arif (Persibo), dan Irfan Bachdim (Persema) ikut diboyong ke Bahrain. Selain itu Aji memastikan Ferdinand Sinaga, Syamsidar (Semen Padang), Wahyu Wijiastanto (Persiba Bantul), dan Diego Michiels (Persija 1928) bakal memperkuat timnas. Nama-nama ini sudah terdaftar di AFC dan FIFA sebagai pemain timnas Indonesia. "Semua pemain seleksi layak memperkuat timnas. Siapapun nanti yang akan kami turunkan, yang penting anak-anak bisa tampil fight 90 menit dan disiplin," harap mantan pelatih Persebaya itu. (ab/st10)

Sumber : http://www.tribunnews.com/2012/02/23/timnas-gunakan-taktik-melawan-persebaya-untuk-hadapi-bahrain


Artikel Lainnya: