February 29, 2012

Hal - Hal Yang Bikin Gampang Capek

Hal Yang Bikin Gampang Capek - Merasa mudah lelah akhir-akhir ini, mungkin Anda harus mulai memperhatikan kebiasaan Anda...Makan sudah, istirahat sudah, tapi kenapa tubuh masih gampang merasa lelah ya? Padahal, setelah cek kesehatan, hasilnya juga positif saja, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Akhir-akhir ini, gampang merasa lelah banyak dialami sebagian besar orang. Sekalipun kondisi kesehatan baik-baik saja, namun hal ini cukup mencemaskan.

Usut punya usut, ada beberapa hal yang menyebabkan tubuh gampang merasa lelah:

1. Kecanduan kopi atau minuman bersoda

Kafein yang membantu Anda tetap melek saat sedang bekerja itulah yang ternyata membuat tubuh juga merasa gampang lelah. Terutama bila Anda sudah mulai kecanduan. Sehari tak dekat dengan kopi atau minuman bersoda, rasanya tubuh lemas tak berdaya. Para ahli di Mayo Clinic menyarankan untuk menghentikan kecanduan akan kafein ini. Minum kopi atau minuman bersoda sih boleh saja, tetapi bila berlebihan tetap tak akan baik efeknya bagi tubuh.

2. Terlalu sering membungkuk

Asyik mengerjakan sesuatu membuat kita tak sadar telah membungkuk sangat lama. Entah sedang mengetik, mengerjakan laporan bulanan, atau bermain dengan Blackberry, tanpa disadari tubuh membungkuk cukup lama. Dan biasanya, kalau sudah begini kita jadi lupa meregangkan tubuh karena larut dalam kegiatan seru.

Alhasil, menjelang tidur Anda jadi cemas dan merasa tubuh terasa sangat lelah. Punggung terasa nyeri, dan sulit tidur.

3. Tarikan nafas pendek

Sesekali memang kita harus menarik nafas panjang untuk membiarkan oksigen mengisi seluruh ruang di otak dan tubuh. Bila Anda amati, saat tubuh terasa lelah dan Anda menarik nafas dalam dan panjang, tulang terasa gemeretak dan badan jadi lebih enteng. Nah, inilah mengapa Anda juga perlu mengatur nafas. Beberapa nafas panjang, dapat membuat oksigen mengalir lancar di peredaran darah tubuh.

4. Melupakan sarapan pagi

Alasannya selalu saja ada, entah sibuk, tidak sempat, masih kenyang atau tidak selera, akhirnya sarapan pagi terlupakan. Padahal, mengawali hari dengan sarapan sehat membuat tubuh lebih bugar dan tak gampang lelah. Konsentrasi pun meningkat dengan sarapan sehat dan bergizi.

5. Menahan marah

Menahan amarah tidak sama dengan mengendalikannya. Menahan amarah lebih pada membiarkannya tertahan di dalam diri dan tidak menyalurkannya. Pikiran dan tubuh seperti merasa dibebani sesuatu yang berat. Sedangkan mengendalikan amarah, adalah menyalurkannya dengan cara yang positif. Amarah tersalurkan dan tak terasa ada beban di bahu dan pikiran.

Mengubah beberapa kebiasaan tersebut akan membuat tubuh lebih segar dan tak gampang lelah, selamat hidup sehat.

Sumber


Artikel Lainnya: