February 21, 2012

Fonomena 'Air Terjun Lava' di Taman Nasional Yosemite

'Air Terjun Lava' di Taman Nasional Yosemite - Fenomena ini bisa saja terlihat di Gunung Etna, Sisilia, yang sedang mengeluarkan lahar. Hanya saja, jejak api ini bukanlah luapan lava, melainkan air terjun yang kena cahaya matahari.


Keajaiban di Taman Nasional Yosemite, California, ini muncul saat matahari terbenam dan hanya pada pertengah Februari. Fotografer dan pengunjung taman sengaja menunggu penampakan fenomena alam ini.

Kemunculan efek ini sangat bergantung pada cuaca, garis lurus antara cahaya matahari dan bumi akan membuat air terjun Horsetail di Taman Yosemite menjadi oranye terang, seperti api.

Warna tersebut adalah hasil refleksi sinar matahari terhadap batuan granit di balik tumpahan air. Jika matahari terbenam saat langit mendung, maka efek ini tidak akan muncul.

Air terjun Horsetail terletak di formasi bebatuan El Capitan yang terentang sekitar 1,09 km di atas lembah Yosemite.

Michael Frye, penulis buku The Photographer's Guide to Yosemite, bilang, "Horsetail terletak di tempat yang sangat unik. Saya tidak tahu air terjun lain di bumi ini yang mendapat cahaya seperti itu."

"Berapa banyak air terjun yang terletak di tebing tinggi dan terbuka? Kebanyakan terletak di kubah atau ngarai dan tidak akan mendapat matahari. Geografi Yosemite yang unik membuat air terjun ini berbeda," katanya.

"Jika Anda mendapat saat yang tepat, warnanya jadi keemasan, merah-oranye yang mengagumkan."

Petugas taman nasional percaya cahaya ini akan bertahan sampai 24 Februari. Tempat terbaik untuk melihatnya adalah timur puncak, dekat area piknik El Capitan.

Pemandangan mengagumkan ini pertama kali diambil oleh fotografer dunia Galen Rowell pada 1973.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/air-terjun-lava-di-taman-nasional-yosemite.html


Artikel Lainnya: